Geografi Masjid Al Aqsha

By Bakulsosmed 04 Nov 2023, 16:23:54 WIB Dunia Islam
Geografi Masjid Al Aqsha

Di beberapa kesempatan sebelumnya, kita telah membahas fakta-fakta yang perlu kita tahu untuk melengkapi wawasan kita tentang Al Aqsha. Nah, kali ini kita akan sama-sama mengenal lebih dalam tentang Geografi Singkat Masjid Al Aqsha. Masjid ketiga Umat Islam yang sangat dianjurkan untuk dikunjungi.

Al Aqsha, sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bermakna "jauh", karena dibanding dengan dua masjid suci lainnya —Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah— Al Aqsha letaknya paling jauh. Dari Madinah, Al Aqsha berjarak 2000 kilometer.

Bentuk Al Aqsha adalah persegi panjang dengan ukuran 144.000 m², 35 hektar, atau 1/6 area dari The Old City, Kota Lama. Selain Al Aqsha, masjid ini juga memiliki nama "Haram Asy Syarif" atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Nobel Sanctuary.' Faktanya, Al Aqsha dapat memuat 400 ribu jamaah pada satu waktu. Khususnya pada agenda shalat Jumat dan pada hari-hari Akhir bulan Ramadhan.

Ada banyak bagian dari Masjid Al Aqsha. Diantaranya Masjid Jami Al Qibli yang kubahnya berwarna abu-abu, dan Majsid Qubbatu As Shakhrah yang kubahnya berwarna keemasan. Selain itu, ada juga tempat untuk shalat yang baru saja ditemukan oleh Syaikh Raid Shalah, yakni Mushalla Al Marwani di sebelah Masjid Al Qibli. Mushalla Al Marwani ini dibangun di bawah tanah dan sangat luas untuk bisa menampung jamaah.

Referensi :
1. Modul Kepalestinaan KNRP, 2011
2. Ensiklopedia Mini Al Aqsha, Asia Pasific Community for Palestine
3. Filisthîn; Tarikh Mushawwar, DR Tariq Suwaidan




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment